Mengenal Industri Kreatif


Pada awal 1990, kota-kota di Inggris mengalami penurunan produktivitas dikarenakan beralihnya pusat-pusat industri dan manufaktur ke negara-negara berkembangyang menawarkan bahan baku, harga produksi dan jasa yang lebih murah. Menanggapi kondisi perekonomian yang terpuruk, calon perdana menteri Tony Blair dan New Labour Party menawarkan agenda pemerintahan yang bertujuan untuk memperbaiki moral dan kualitas hidup warga Inggris dan memastikan kepemimpinan Inggris dalam kompetisi dunia di milenium baru, salah satunya dengan mendirikan National Endowment for Science and the Art (NESTA) yang bertujuan untuk mendanai pengembangan bakat-bakat muda di Inggris.

Setelah menang dalam pemilihan umum 1997, Tony Blair sebagai Perdana Menteri Inggris melalui Department of Culture, Media and Sports (DCMS) membentuk Creative Industries Task Force yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kontribusi industri kreatif  terhadap perekonomian Inggris. Pada tahun 1998, DCMS mempublikasikan hasil pemetaan industri kreatif Inggris yang pertama, dimana industri kreatif didefinisikan sebagai: “those industries which have their origin in individual creativity, skill and talent, and which have a potential for wealth and job creation through the generation and exploitation of intellectual property and content”. Definisi DCMS ini selanjutnya banyak diadopsi oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia.
Pendekatan Pendefinisian Definisi Industri Kreatif
Menurut Stuart Cunningham-Direktur Pusat Penelitian dan Aplikasi Industri Kreatif, Queensland University of Technology-2003, beberapa pendekatan dalam pendefinisian industri kreatif antara lain adalah:
Kriteria/ PendekatanCreative IndustriesCopyright IndustriesContent IndustriesCultural IndustriesDigital Content
DefinisiDikarakterisasi kan sebagian besar lewat input tenaga kerjanya, yaitu individu kreatifDidefinisikan lewat aset dan output industriDidefinisikan pada fokus produksi industriDidefinisikan pada pembiayaan dan fungsi kebijakan publikDidefinisikan lewat kombinasi teknologi dan fokus produksi industri
KelompokAdvertising, Architecture, Design, Interactive, Software, Film & TV, Music, Publishing, Performing ArtsCommercial Art, Creative Arts, Film & Video, Music, Publishing, Recorded Media, Data Processing, SoftwarePre-recorded music, Recorded, Music Retailing, Broadcasting & Film, Software, Multimedia ServicesMuseums & Galleries, Visual arts & crafts, Arts Education, Broadcasting & Film, Music, Performing Arts, Literature, LibrariesCommercial Art, Film & Video, Photography, Electronic Games, Recorded Media, Sound Recording, Information, Storage & Retrieval
KeterbatasanAdanya kesulitan dlm pencarian data dan pengukuran dampak ekonomiMemerlukan klasifikasi industri yang sesuaiRuang lingkup sangat terbatasRuang lingkup sangat luas, berbeda-beda untuk tiap negaraRuang lingkup sangat terbatas masih perlu dieksplor lebih lanjut
Sumber: Cutler & Co/CIRAC, 2003
                                                                                                                                                                      Di Indonesia sendiri, Industri kreatif didefinisikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Comments are closed.